Senin, 16 Agustus 2010

Sistem Informasi Penggajian

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Seperti telah diketahui bersama bahwa perkembangan dunia informasi dan teknologi dewasa ini mengalami kemajuan sangat pesat terutama dibidang teknologi komputer yang semakin mengalami kemajuan dari generasi ke generasi yang berkembang diseluruh pelosok dunia. Disadari maupun tidak disadari dengan adanya teknologi komputer memberikan berbagai keuntungan atau manfaat yang sangat banyak bagi dunia bisnis dan instansi pemerintah karena dengan adanya sistem komputerisasi akan mempermudah aktivitas sehari-hari sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien serta lengkap dan akurat.

PT.X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dalam pembuatan alat-alat industri yang menggunakan bahan baku tahan bahan kimia (chemical) seperti Plastik, FRP, dan sebagainya. Perusahaan ini sedang memiliki permasalahan dalam Sistem Penggajian.

Permasalahan pada Sistem Informasi Penggajian yang terjadi pada PT.X dikarenakan data masih dikerjakan secara manual. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem sehingga mempermudah proses penggajian seluruh karyawan khususnya untuk bagian keuangan/payroll dalam membuat laporan keuangan. Dan dalam suatu sistem penggajian tersebut akan lebih efektif apabila menggunakan sistem aplikasi yang dapat mempermudah dan memberikan fasilitas untuk pengolahan data dalam jumlah relatif sedikit. Untuk itu penulis memilih judul “Aplikasi Visual Basic 6.0 Untuk Pengembangan Komputerisasi Sistem Informasi Penggajian Pada PT.X.

1.2 Identifikasi Masalah

Setelah mengkaji dari latar belakang dan karena sistem yang ada masih diterapkan secara manual maka dapat ditemui kendala-kendala yang seharusnya tidak terjadi seperti kesalahan dalam perhitungannya dan juga tidak tepat waktu pada saat karyawan menerima gaji. Namun dengan perkembangan teknologi komputer saat ini kita dapat meniadakan kendala-kendala tersebut dengan cara membuat suatu sistem yang terkomputerisasi, khususnya dalam proses sistem informasi penggajian.

Beberapa kendala-kendala tersebut adalah :

1. Sistem penghitungan yang masih manual atau belum adanya sistem yang otomatis.

2. Tidak akuratnya data yang ada karena masih input manual sehingga memerlukan waktu yang lama dalam pengitungannya dan menyebabkan gajian tidak tepat waktu.

1.3 Pembatasan Masalah

Berkaitan dengan adanya rumusan masalah yang telah dijabarkan diatas, penulis membatasi masalah yang akan dianalisa.:

1. Sistem yang digunakan telah terkomputerisasi dan menentukan sistem penggajian yang lebih baik dari yang ada saat ini sehingga dapat lebih mudah, cepat dan efektif.

2. Dapat memberikan keakuratan data dalam perhitungan yang terkait dalam penggajian.

3. Dapat memberikan ketepatan waktu dalam menggaji karyawan setiap bulannya.

4. Integrasi sistem penggajian meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan masa kerja, upah lembur, jumlah potongan dan perhitungannya yang kemudian akan menghasilkan jumlah gaji bersih dengan sistem periode bulanan.

5. Pembuatan laporan bulanan.

1.4 Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

1) Studi Pustaka, metode ini dilakukan penulis dengan cara:

a) Buku-buku referensi baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan obyek yang dibahas.

b) Sumber-sumber data lain yang erat hubungannya dengan objek yang dibahas.

2) Studi Lapangan, metode ini digunakan dengan cara melakukan penelitian langsung ke obyeknya untuk mengumpulkan data ini dilakukan dengan cara:

a) Interview ( Wawancara ), yaitu metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung dengan karyawan atau staff yang berkaitan dengan materi penelitian.

b) Observasi, yaitu metode pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan penelitian langsung dilapangan terhadap kegiatan perusahaan dimana tempat objek saat penulis melakukan penelitian.

c) Kearsipan, yaitu pengumpulan data dengan memperoleh data yang terdapat dalam file perusahaan.

1.5 Tujuan

Sesuai dengan perumusan masalah maka tujuan penelitian ini yaitu menganalisa dan merancang program sistem informasi penggajian yang siap digunakan sehingga dapat diterapkan pada proses penggajian karyawan di PT.X.

1.6 Maksud

Menganalisa dan merancang sistem ini dapat bermanfaat bagi perusahaan yang bersangkutan maupun bagi mahasiswa, yaitu:

1. Permasalahan yang ada di PT.X teratasi, terutama keefektifan penggajian.

2. Dapat membantu menunjang kelancaran kerja dalam perusahaan.

3. Meningkatkan pelayanan terhadap karyawan untuk dapat mengetahui informasi penggajian di PT.X.

4. Dapat digunakan untuk mempersiapkan diri sebagai tenaga ahli dalam menghadapi dunia kerja.

5. Memenuhi persyaratan kelulusan diploma III Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer “MIC” Cikarang.

6. Laporan ini sebagai bentuk pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai media untuk menambah pengetahuan dan wawasan di bangku kuliah.

1.7 Sistematika Penulisan

Agar mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai masalah yang akan dibahas, maka penulis tugas akhir ini mengacu pada standar baku penulisan tugas akhir. Secara garis besar ada enam bab yaitu pendahuluan, landasan teori, analisa sistem berjalan, analisa sistem usulan, kesimpulan dan saran.

Adapun sistematika penulisannya sebagai berikut :

BAB I. PENDAHULUAN

Pendahuluan sebagai bab pembuka mengemukakan latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, metode penelitian, maksud dan tujuan penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II. LANDASAN TEORI

Dalam bab ini berisi tentang teori-teori, paparan kegiatan, kajian pustaka sebagai dasar dan acuan pemecahan masalah dalam menganalisis sistem penggajian, paparan serta konsep dasar sistem peralatan pendukung yaitu ERD, DFD, Diagram Hipo, Normalisasi, Database, Diagram Kontek dan Kamus Data.

BAB III. ANALISA SISTEM BERJALAN

Merupakan bab analisa dari pada tahapan-tahapan penyusunan tugas akhir, yang meliputi Sejarah Perusahaan, Sistem Organisasi Perusahaan, Prosedur Sistem Berjalan, DAD Sistem Berjalan, Flow Map Sistem Berjalan, Diagram Alir Data Sistem Berjalan, Kamus Data Sistem Berjalan, Spesifikasi Sistem Berjalan, Permasalahan Pokok dan Alternatif Pemecahannya.

BAB IV. ANALISA SISTEM USULAN

Pada bab ini akan membahas dan menganalisis tentang Prosedur Sistem Usulan, DAD Sistem Usulan, Flow Map Sistem Usulan, Bentuk Dokunen Output dan Input, Normalisasi File, Diagram Hipo Sistem Usulan, Spesifikasi File, Spesifikasi Program, Spesifikasi Sistem Komputer serta tentang kilasan umum mengenai Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Konfigurasi, Sistem Komputer dan Jadwal Implementasi.

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini kesimpulan dan saran ini akan dikemukakan hasil penelitian yang telah dilakukan dan memberikan saran-saran yang diperlukan bagi perusahaan guna perbaikan dalam menggunakan sistem penggajian yang sudah ada.


Jika ingin lebih lengkapnya silahkan email saja di sini rafi131109@gmail.com, saya kasih programnya dan teori nya dari bab 1 - 5.

jangan lupa comment nya ya....


7 komentar:

  1. Artikel nya bagus bos, cocok dengan yang saya cari.....
    nice share....

    BalasHapus
  2. bagus nih buat referensi, mau donk programnya!!!

    BalasHapus
  3. uda di email gan... tolong share ya.. thanks

    BalasHapus
  4. Like bgt sama artikelnya...
    bagi programnya yaaa
    dah aq email
    thank you..

    salam kenal

    BalasHapus
  5. bgus bnget....thanks bos...

    mau donk di kasi programnya juga....

    BalasHapus
  6. Ass..
    Salut buat artikelnya.
    teori lengkap dan progamnya mohon di-emailkan.
    Terima kasih
    Wass..

    BalasHapus
  7. ass..artikelnya ngbantu banget
    teori lengkapnya tolong dikirimin ke kotak.juna@gmail.com ya
    makasih

    wass

    BalasHapus