Sabtu, 04 September 2010

cara memproteksi data dalam flash disk

enkripsi dataBagaimanan cara memproteksi data dalam flash disk, itulah inti yang akan kita bicarakan dalam artikel ini. Ada sangat banyak cara untuk memproteksi file, folder maupun drive dalam komputer. Ada yg menggunakan password, menyembunyikannya dan beberapa cara lain. Data yang Anda miliki dalam flash disk sangat perlu dilindungi karena flash disk adalah salah satu sarana komunikasi data antar komputer. Biasanya flash disk boleh dipinjam orang lain dan disinilah data Anda harus diproteksi agar tidak diketahuia oleh pihak lain. Kita akan mengenkripsi data dalam flash disk dengan software tertentu.

Catatan: Meskipun artikel ini mengacu pada flash drive USB, Anda dapat mengenkripsi hard drive komputer Anda dengan mudah! Anda akan dapat mengenkripsi seluruh compact disk Anda, USB flash drive, USB stick memori atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya. Pekerjaan ini akan kita setting dengan menggunakan software gratis “FreeOTFE”.
Langkah-langkahnya;

  1. Download dan install FreeOTFE software dari alamat disini, disini, dan disini
  2. Buat virtual encrypted disk baru dengan mengklik ikon “New” di bagian atas dan ikuti petunjuknya dalam wizard. Pilih “File volume based” ketika diminta
  3. Buat “Mount” disk dengan mengklik icon “Mount” di bagian atas, dan masukkan nama file dari disk terenkripsi yang baru saja Anda buat, berikut passwordnya. Sebuah disk baru akan muncul di komputer Anda!
  4. Pilih disk baru ini untuk menyimpan data pribadi Anda.
  5. Selanjutnya pilih item “Dismount” virtual drive terenkripsi pada toolbar. Ini akan menyebabkan disk baru menghilang sehingga proses inilah yang mengamankan data Anda.
  6. Pindahkan file-image tadi ke CD, DVD, flash drive USB, memory stick USB atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.
  7. Salin isi C: Program Files FreeOTFE ke folder yang baru pada perangkat penyimpanan eksternal Anda yang sama.
  8. Untuk mengakses data pribadi Anda lagi, cukup colok flash disk, klik tombol “Mount”, dan tentukan nama file-image pada drive USB anda dan password Anda. Disk akan muncul lagi, dan Anda dapat menggunakan data Anda.

Ingat, lingdungi data penting anda.

ini artikel dari teman saya http://agussale.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar